Wisata Murah: Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker?

ingin liburan ke Raja Ampat, Papua Barat namun terkendala biaya? Tenang, Anda dapat berlibur hemat ala backpacker ke surga timur Indonesia ini dengan anggaran terbatas.Mau tahu kira-kira berapa banyak anggaran yang sebaiknya disiapkan? Yuk kita lihat perhitungannya wisata murah dan berapa dana liburan ke Raja Ampat ala backpacker.

Destinasi Impian dengan Keragaman Biota Lautnya

Bagi Anda para traveler tentunya sudah pernah mendengar keindahan alam bawah laut di Raja Ampat, Papua Barat, Indonesia bukan? Namun, nyatanya tidak mudah menjangkau lokasi Raja Ampat ini, sehingga biasanya biaya yang dibutuhkan tergolong mahal.

Namun, Anda dapat mencari alternatif cara dan biaya perjalanan sehingga menghemat anggaran Anda. Finansialku akan mengajak Anda untuk lihat perhitungannya wisata murah dan berapa dana liburan ke Raja Ampat ala backpacker.

Wisata Murah Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker Lihat Perhitungannya 02 - Finansialku

#1 Biaya Transportasi Jakarta-Sorong

Anda dapat menghemat dimulai dari biaya transportasi dari lokasi Anda ke Raja Ampat. Skenario yang dapat ditempuh adalah perjalanan dari Jakarta ke Sorong, Papua Barat menggunakan pesawat.

Beberapa maskapai penerbangan yang menyediakan rute Jakarta-Sorong adalah Garuda Indonesia, Nam Air, Sriwijaya Air, Batik Air, dan Xpress Air dengan biaya berkisar dari Rp3.000.000 hingga Rp6.000.000 untuk pulang pergi.

Untuk menghemat biaya tiket pesawat, Anda bisa mengakalinya dengan membeli tiket jauh-jauh hari dan sering-sering mengecek website maskapai penerbangan untuk mengecek promo yang berlaku. Selain itu, usahakan untuk tidak membawa barang terlalu banyak (maksimal 7kg) sehingga ringkas dan menghemat biaya bagasi pesawat.

#2 Biaya Transportasi Sorong-Waisai

Setibanya di Sorong, Anda akan membutuhkan transportasi untuk berpindah ke Waisai. Alternatif transportasi yang tersedia adalah dengan menggunakan pesawat dari maskapai penerbangan Susi Air atau dengan menggunakan kapal laut.

Untuk menekan biaya agar tetap terjangkau, Anda dapat memilih kapal laut dengan kisaran biaya Rp130.000. Lama perjalanan yang akan ditempuh sekitar 2 jam dimana kapal ini dijadwalkan berangkat pada pukul 14.00 setiap harinya.

Jangan lupa, akan muncul biaya transportasi darat untuk mencapai Pelabuhan Sorong, berkisar Rp15.000 hingga Rp100.000 tergantung Anda menggunakan ojek, menyewa mobil, atau taksi.

#3 Tarif Masuk Raja Ampat

Raja Ampat mewajibkan turis untuk membayar Tarif Layanan Pemeliharaan Lingkungan (TLPL) sebelum masuk untuk berwisata, dimana biayanya adalah Rp500.000 per orang untuk wisatawan lokal dan Rp1.000.000 per orang untuk wisatawan mancanegara yang dapat dibayarkan di pelabuhan atau pada kantor kabupaten Raja Ampat.

#4 Biaya Akomodasi

Terdapat variasi akomodasi yang dapat Anda pilih selama tinggal di Raja Ampat mulai dari homestay hingga resort mewah. Homestay merupakan pilihan yang menarik bagi para backpacker karena harganya yang terjangkau.

Untuk menghemat biaya transportasi dalam kota, maka pilihlah homestay yang letaknya tidak terlalu jauh dari tempat wisata yang ingin Anda kunjungi. Rekomendasi homestaymurah dan nyaman di Raja Ampat adalah Yenkoranu Homestay, Koranu Fyak Homestay, yang tarifnya berkisar Rp250.000 per orang termasuk makan pagi, siang dan malam.

Jika memungkinkan Anda juga dapat memilih hotel sederhana seperti Meridien Hotel dengan harga berkisar Rp400.000 per malam.

Wisata Murah Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker Lihat Perhitungannya 04 - Finansialku

#5 Biaya Transportasi Antar Pulau

Sesampainya di Raja Ampat Anda dapat berpindah-pindah ke pulau lainnya dengan menggunakan kapal motor. Harga sewa kapal motor bergantung pada jauhnya pulau yang dituju dan jumlah orang yang menaikinya.

Semakin banyak orang yang naik, maka harga per orangnya akan semakin murah dimana kapasitas kapal ini biasanya mencakup 10 hingga 12 orang. Estimasi biaya penyewaan kapal motor untuk perjalanan pulang pergi dari Waisai adalah sebagai berikut:

Lokasi Awal Tujuan Estimasi Biaya (Rp)
Waisai Wayag 7.000.000 – 13.000.000
Pianemo 8.000.000
Teluk Mayablibit 6.000.000

 

#6 Biaya Konsumsi

Selain fasilitas homestay yang sudah menyediakan makan 3 kali sehari, Anda juga dapat membeli makanan di Raja Ampat dengan harga yang cukup terjangkau. Biaya konsumsi disini dikenai biaya mulai dari Rp20.000 per porsi.

Wisata Murah Berapa Dana Liburan ke Raja Ampat ala Backpacker Lihat Perhitungannya 05 - Finansialku

Total Biaya Wisata Murah ala Backpacker ke Raja Ampat

Setelah Anda mengetahui biaya apa saja yang mungkin muncul saat berlibur ke Raja Ampat, kini Anda dapat merencanakan anggaran yang sesuai bagi Anda, dengan estimasi total biaya sebagai berikut:

No Kebutuhan Wisata Estimasi Harga (Rp) Keterangan
1 Transportasi Jakarta-Sorong 3.000.000 Pulang pergi
2 Transportasi Sorong-Waisai 15.000 Sorong-Pelabuhan Sorong via Ojek
130.000 Sorong-Pelabuhan Sorong via kapal laut
3 Tarif Masuk 500.000 Wisatawan lokal
4 Biaya Akomodasi 250.000/hari/orang Homestay
5 Biaya Transportasi antar Pulau 700.000/orang Waisai-Wayag (asumsi penumpang 10 orang)
600.000/orang Waisai-Teluk Mayablibit (asumsi penumpang 10 orang)
6 Biaya Konsumsi 20.000/porsi Asumsi 1 porsi per hari
Total (4hari 3 malam): ±5.775.000

*Harga di atas merupakan estimasi harga per orang untuk liburan selama 4 hari 3 malam ke Raja Ampat, Papua Barat dengan alternatif biaya termurah dari setiap komponennya.

Itulah estimasi biaya yang perlu Anda siapkan jika ingin pergi berwisata ke Raja Ampat. Wow,

Baca Juga :

https://www.referralkey.com/wisatarajaampat
https://colivre.net/wisatarajaampat/wisata-raja-ampat-2018-yang-menakjubkan
https://framagit.org/wisatarajaampat
https://twinoid.com/user/9756006
http://pixelhub.me/wisatarajaampat
https://about.me/wisatarajaampat
http://languagebox.ac.uk/profile/7125

Updated: August 7, 2018 — 12:31 pm
Anne Blog © 2018 Frontier Theme